iklan banner

Likupang Masuk Salah Satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas

10 Agustus 2019

Minut

Minahasa Utara (lintassulut) -Likupang menjadi satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas, ungkap menteri pariwisata Dr.Ir Arief Yahya M.Sc dalam kunjungan di tanjung pulisan Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara, Jumat (9/8/19).

Kunjungan Menteri Pariwisata di tanjung pulisan didampingi oleh Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan, Sekertaris Daerah Jimmy Kuhu, Asisten II Allan Mingkid, Kadis Pariwisata Audy Sambul dan sejumlah pejabat dijajalan Pemkab Minut.

Tujuan kedatangan Arief Yahya yakni untuk memantau langsung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata yang ada di Likupang Minahasa Utara sekaligus berdialog dengan pemerintah provinsi dan kabupaten terkait pengembangan objek wisata di wilayah KEK.

Sebelumnya telah ditetapkan empat destinasi pariwisata super prioritas yakni Danau Toba, Mandalika,  Borobudur, dan Labuan Bajo. Tapi saat kunjungan Presiden Joko Widodo 4 Juni 2019 di Tanjung Pulisan, Likupang masuk menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas.

"Sebenarnya hanya empat destinasi pariwisata yang masuk super prioritas namun saat pak Jokowi mengunjungi tanjung pulisan katanya dia jatung cinta pada tempat ini, untuk itu masyarakat di sini harus bangga karena memiliki keindahan alam sehingga menjadi Likupang menjadi salah satu destinasi pariwisata yang masuk dalam prioritas super," ungkap Yahya dalam pertemuan dengan Bupati VAP.

Menteri Pariwisata Dr.Ir Arief Yahya mengatakan, untuk menjadi kawasan pariwisata, fasilitas penunjang seperti Jalan, Air Listrik dan Internet atau yang disingkatnya JALIN harus tersedia. Oleh karena itu pemerintah saat ini terus menggenjot pembangunan jalan menuju kawasan wisata di Likupang serta ketersediaan air bersih, listirk dan fasilit internet. 

"Untuk akses jalan menuju kawasan ekonomi khusus pariwisata khususnya menuju Likupang, akan di bangun jalan baypass dari bandara menuju Likupang."kata Yahya.

 

Yahya menyalankan agar Bupati Vonnie Panambunan untuk melakukan lobi ke kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar anggaran bisa mendapatkan penambahan anggaran untuk peningkatan infrastruktur di Likupang.

 

"Tahun 2019 ini Likupang hanya mendapatkan alokasi anggaran dari kementrian PUPR sebesar Rp 438 milyar lebih, dengan adanya lobi dari pemerintah daerah semoga tahun 2020 mendatang alokasi anggarannya bisa bertambah mendekati 4 daerah lainnya yang mencapai Rp 800 milyar hingga Rp 2 triliun seperti di danau Toba."tuturnya.

 

Sementara bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan menyampaikan terima kasih kepada pemerintah provinsi dan pusat yang telah menjadikan Likupang sebagai salah satu kawasan super prioritas pengembangan pariwisata di Indonesia. Kesempatan ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pemerintah kabupaten untuk menjadikan priwisata sebagai sektor unggulan di Minahasa Utara. Ia juga berjanji akan berusaha semampunya untuk melakukan lobi ke kementrian PUPR agar tahun 2020 bisa mendapatkan penambahan anggaran untuk pembangunan infrastruktur penunjang KEK Likupang.

 

"Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendukung program pemerintah pusat ini menjadikan Likupang sebagai kawasan pariwisata. Semoga sektor pariwisata kedepan akan menjadi leading sektor untuk peningkatan ekonomi masyarakat pesisir sekaligus menjadi sektor penyumbang PAD terbesar sebagaimana daerah lain yang kawasan pariwisatanya sudah maju dan berkembang."kata Panambunan.

 

VAP juga berjanji akan menjalankan instruksi menteri untuk mempermudah birokrasi dan proses perijinan bagi investor yang akan menanamkan sahamnya di bidang pariwisata di Minahasa Utara.

(Jap)




BERITA UTAMA

BERITA TERKINI

Lakalantas Depan Mantos Belum Terungkap Pelakunya, Bukti-bukti Di Himbau Dibuka Ke Publik
Dimuat pada 25 Agustus 2019

Manado ( lintassukut.com ) - 
Hampir sebulan kecelakaan maut depan...


Maringka Jadi Legislator Pertama Hadir Di Pertemuan Jurnalis Dekot Manado Di 2019
Dimuat pada 24 Agustus 2019

Manado ( lintassulut.com ) - 
Ada yang baru dari pertemuan dwi...


Perdana, Perbasi Minut Gelar Kompetisi Basket 3X3
Dimuat pada 23 Agustus 2019

Minahasa Utara (lintassulut.com) -Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia...


Legislator Dapil Dario-Malalayang Ini Himbau, Warga Nelayan Antisipasi Cuaca
Dimuat pada 23 Agustus 2019

Manado ( lintassulut.com ) - 
Anggota DPRD Manado Meikel Maringka...


Putra Bunaken Ini Bangga Namanya Ada Dalam Daftar Pimdekot Manado
Dimuat pada 23 Agustus 2019

Manado ( lintasulut.com ) - 
Arah angin ditentukannya siapa jadi...


Ditunjuk Panitia, Gerungan Dan Gosal Siap Sukseskan FSPG 2019
Dimuat pada 22 Agustus 2019

Manado ( lintassukut.com ) - 
Festival Seni Pemuda Gereja (FSPG) 2019 ...


Meningkatkan Kwalitas, KPU Minut Gelar Evaluasi Tahapan Teknis Pemilu 2019
Dimuat pada 22 Agustus 2019

Minahasa Utara (lintassulut.com)-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa ...


Kapolres Minut Sertijab Kasat Intelkam Dan Kapolsek Kema
Dimuat pada 22 Agustus 2019

Minahasa Utara (lintassulut.com) -Kapolres Minut AKBP Jefri R P Siagian SIK.,...


1
...